Knowledge Portal EJURNAL IAIN Parepare
        
    
        Track every expenses, uncover new ways to save, choose the right credit cards. 
All those advices and much more are included and totally free of charge.
    
                Belajar OJS untuk Penulis
Panduan ini memandu penulis melalui proses pendaftaran di jurnal, pengajuan naskah, tanggapan tinjauan sejawat, pengunggahan revisi, dan pemeriksaan naskah versi siap terbit di OJS. Panduan lain dalam seri ini meliputi:
Daftar di Jurnal
Untuk mengirimkan naskah ke jurnal OJS, pertama-tama Anda perlu mendaftarkan akun pengguna di jurnal tersebut dan masuk (lihat Membuat dan Mengelola Akun Anda ). Untuk mengirimkan naskah, Anda harus memiliki peran penulis yang terkait dengan akun Anda. Anda biasanya dapat memilih peran ini saat mendaftar, tetapi dalam kasus yang jarang terjadi, editor atau manajer jurnal harus memberikan Anda hak istimewa penulis.
Setelah mendaftar, Anda akan dibawa ke formulir Pengajuan Baru.
Mulai Pengajuan
Anda selalu dapat membuat kiriman baru dengan mengeklik tombol Mulai Kiriman Baru di menu sebelah kiri. Anda akan diarahkan ke panduan kiriman tempat Anda dapat mengunggah dan menjelaskan kiriman Anda.

Masukkan Informasi Awal
Pertama, Anda akan memberikan informasi awal tentang pengajuan Anda.

- Bahasa : Jika jurnal memperbolehkan pengiriman dalam beberapa bahasa, Anda harus terlebih dahulu memilih bahasa yang sesuai untuk pengiriman Anda.
 - Judul : Berikan judul untuk kiriman Anda. Anda dapat mengakses opsi pemformatan terbatas untuk judul dengan mengeklik ikon pemformatan yang muncul saat Anda memasukkan teks di kolom judul.
 - Bagian : Pilih bagian yang sesuai untuk kiriman Anda, jika ada (misalnya, artikel, tinjauan buku, dll.).
 - Daftar Periksa Pengiriman : Tinjau daftar periksa pengiriman dan pastikan bahwa pengiriman Anda memenuhi persyaratan jurnal.
 
Terakhir, tinjau pernyataan privasi dan setujui kebijakan pengumpulan data jurnal untuk memulai pengiriman Anda.
Setelah Anda mengklik tombol Mulai Pengiriman, Anda akan dapat menyimpan pengiriman yang belum lengkap untuk nanti dan kembali lagi dari dasbor Anda kapan saja.
Langkah 1: Masukkan Detail Pengajuan
Pada langkah pertama, Anda akan memberikan beberapa informasi dasar tentang kiriman Anda, termasuk bahasa, abstrak, dan opsional, kata kunci dan daftar referensi.
Opsi pemformatan untuk huruf tebal, miring, garis bawah, superskrip, dan subskrip tersedia di editor teks saat memasukkan judul dan subjudul. Anda juga dapat menggunakan tag HTML untuk memformat kolom-kolom ini:
- <b>(berani)
 - <i>(huruf miring)
 - <u>(menggarisbawahi)
 - <sup>(superskrip)
 - <sub>(subskrip).
 
Untuk memasukkan kata kunci, ketik kata kunci atau frasa kunci dan tekan tombol Enter. Kata atau frasa tersebut akan diformat sebagai kata kunci. Tidak perlu dipisahkan dengan koma atau tanda baca lainnya.
Jika Anda telah menerjemahkan judul, abstrak, atau kata kunci untuk disertakan, Anda dapat membuka kolom tambahan untuk bahasa lain dengan mengeklik bahasa di sudut kanan atas.
Langkah 2: Unggah File
Pada Langkah 2 , sebuah jendela akan terbuka yang memungkinkan Anda mengunggah berkas kiriman Anda.

Anda dapat mengunggah beberapa berkas sekaligus, serta menyeret dan melepas berkas.
Setelah semua berkas diunggah, Anda akan diminta untuk memilih jenis berkas untuk setiap berkas. Anda juga dapat menambahkan informasi opsional seperti deskripsi atau informasi lisensi. Anda dapat mengeditnya nanti jika perlu.
Setelah Anda selesai mengunggah dan menentukan jenis untuk semua berkas kiriman Anda, klik tombol Lanjutkan untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.
Langkah 3: Tambahkan Kontributor
Pada langkah ini, Anda akan diminta untuk menambahkan informasi lebih lanjut tentang kontributor (yaitu penulis dan penerjemah) yang terlibat dalam kiriman. Secara default, detail Anda sudah akan ditambahkan sebagai kontributor utama.

Anda dapat menambahkan kontributor tambahan (misalnya, rekan penulis) dengan mengeklik tombol "Tambahkan Kontributor" . Jendela baru dengan kolom untuk memasukkan informasi mereka akan terbuka.
Kontributor akan menerima email konfirmasi kiriman. Alamat email palsu tidak boleh digunakan untuk kontributor. Jika tidak ada kontak email yang valid untuk kontributor, sebaiknya Anda memberi tahu editor pada langkah selanjutnya dalam proses ini sebagai catatan untuk editor.

Tekan Simpan , dan kontributor baru akan ditambahkan ke daftar.
Anda juga dapat mengubah urutan daftar kontributor. Klik Urutan dan tekan panah atas dan bawah di samping kontributor untuk memindahkannya dalam daftar. Klik tombol Simpan Urutan setelah selesai.
Anda kemudian dapat melihat pratinjau pesanan dalam berbagai bentuk, dengan menggunakan “Opsi Pratinjau” dengan opsi yang ditampilkan untuk Pesanan Singkat, Daftar Publikasi, dan Pesanan Lengkap.

Setelah semua kontributor ditambahkan dan diurutkan sesuai preferensi Anda, klik Lanjutkan untuk melanjutkan.
Langkah 4: Masukkan Komentar untuk Editor
Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memberikan komentar apa pun kepada editor. Kolom ini opsional. Tekan Lanjutkan jika Anda siap melanjutkan.
Langkah 5: Sarankan Peninjau
Bergantung pada pengaturan jurnal, Anda mungkin diminta untuk menyarankan pengulas.

Bacalah petunjuk jurnal di sisi kiri dan klik “Tambahkan Saran Peninjau” jika Anda ingin menyarankan peninjau.
Langkah 6: Tinjau Pengajuan Anda
Terakhir, Anda dapat meninjau semua informasi yang telah Anda masukkan untuk pengajuan Anda. Jika ada kolom wajib yang belum diisi, Anda akan diperingatkan di layar ini dan diberi kesempatan untuk melakukan koreksi.
Setelah meninjau rincian kiriman Anda, Anda akan diminta untuk membaca dan menyetujui persyaratan hak cipta untuk kiriman ke jurnal.
Klik kotak centang untuk menyetujui dan klik tombol Kirim .
Sebuah kotak akan muncul meminta Anda untuk mengonfirmasi bahwa Anda telah selesai. Klik Kirim untuk menyelesaikan pengiriman Anda.
Selesaikan Pengajuan Anda
Kiriman Anda sekarang telah selesai! Editor telah menerima notifikasi tentang kiriman Anda. Pada tahap ini, Anda dapat mengikuti tautan berikut:
- Tinjau kiriman ini
 - Buat kiriman baru
 - Kembali ke dasbor Anda
 

Akses dan Lacak Pengajuan Anda
Setelah Anda membuat Pengajuan pertama, Anda akan memiliki akses ke Dasbor Pengajuan Saya sebagai Penulis.

Setelah Anda menyelesaikan kiriman, Anda tidak dapat mengubahnya. Jika Anda ingin mengganti berkas yang Anda kirim atau membuat perubahan lain pada kiriman, Anda perlu menghubungi editor melalui fitur Diskusi Pra-Tinjauan.
Klik "Lihat" di samping kiriman di dasbor Anda untuk mengakses alat Diskusi.
Segera setelah pengajuan, kiriman Anda akan tetap berada dalam tahap Pengajuan hingga editor menerimanya untuk ditinjau, dan selanjutnya akan masuk ke tahap Peninjauan. Jika diterima untuk dipublikasikan setelah ditinjau, kiriman tersebut selanjutnya akan masuk ke tahap Penyuntingan Naskah dan Produksi sebelum diterbitkan.
Edit Informasi Pengajuan
Bergantung pada pengaturan jurnal dan kebijakannya, Anda mungkin dapat mengedit detail naskah selama proses pengiriman. Ini termasuk edisi judul, kontributor, kata kunci, dll. (disebut sebagai "metadata" dalam perangkat lunak). Perubahan mungkin termasuk pembaruan abstrak, koreksi kesalahan ejaan, atau penambahan kontributor tambahan.
Untuk mengedit naskah yang Anda kirimkan, klik pada tab Publikasi pada kiriman Anda.
Jika tombol 'Simpan' di bagian bawah halaman berwarna abu-abu dan tidak aktif, ini berarti Anda harus meminta izin dari Editor untuk membuat perubahan pada kiriman Anda atau meminta mereka membuat perubahan untuk Anda.

Ubah informasi apa pun tentang kiriman Anda dengan mengeklik tab terkait di bilah samping. Jika Anda memiliki izin edit, Anda dapat mengubah bagian berikut pada tab Publikasi: Judul & Abstrak, Kontributor, dan Metadata.

Jika jurnal Anda mendukung beberapa bahasa, Anda dapat mengedit metadata dalam bahasa tersebut dengan mengeklik tab bahasa yang sesuai di pojok kanan atas. Klik 'Simpan' setelah selesai membuat perubahan.
Untuk mempelajari lebih lanjut tentang pembuatan metadata berkualitas untuk kiriman Anda, lihat panduan Praktik Lebih Baik dalam Metadata Jurnal .
Menanggapi Permintaan Revisi atau Mengirim Ulang untuk Ditinjau#
Setelah proses peninjauan selesai, Anda akan diberitahu tentang keputusan editor melalui email.
Setelah menerima email berisi keputusan, klik tautan yang disediakan atau masuk dan akses naskah dari dasbor.

Di tab Tinjauan naskah, Anda juga akan melihat salinan Keputusan Editorial di bawah Pemberitahuan.
Tergantung pada jenis tinjauan sejawat yang digunakan oleh jurnal, Anda mungkin melihat lebih sedikit informasi pada tab Tinjauan di jurnal tersebut. (Gambar di bawah ini menunjukkan tinjauan sejawat terbuka di mana penulis dapat melihat identitas peninjau.)

Untuk melihat keputusan Editorial, klik tautan di bawah pemberitahuan.

Berdasarkan keputusan Editor, Anda sekarang harus menyiapkan revisi Anda.
Unggah File yang Direvisi
Setelah Anda siap mengunggah berkas yang direvisi, gulir ke bawah untuk menemukan panel Revisi yang Diunggah .

Klik Unggah Berkas untuk mengunggah naskah revisi Anda.
 Gunakan menu tarik-turun untuk menunjukkan bahwa Anda mengunggah revisi dari berkas yang sudah ada. Kemudian, unggah berkas yang telah direvisi dan klik Lanjutkan .

Periksa rincian berkas dan tekan Lanjutkan lagi.

Jika Anda memiliki berkas tambahan untuk diunggah, silakan unggah sekarang. Jika tidak, klik Selesai . Editor akan menerima notifikasi tentang berkas baru yang sedang diunggah.
Berkas Anda yang telah direvisi sekarang terlihat di panel Revisi.

Anda dapat memberikan rincian tambahan atau langsung memberi tahu editor tentang revisi melalui panel Diskusi Tinjauan.

Klik Tambahkan Diskusi dari panel Tinjau Diskusi.
Pilih pengguna yang ingin Anda beri tahu di bawah Peserta.

Tambahkan baris subjek dan pesan.
Tekan OK untuk mengirim pesan.
Email telah dikirimkan kepada editor. Anda dan peserta terpilih dapat melihat pesan tersebut di panel Diskusi Tinjauan.

Jika editor memutuskan untuk mengirimkan ulang naskah untuk ditinjau, revisi Anda akan melalui putaran peninjauan berikutnya sebelum keputusan untuk menerima atau menolak dibuat. Anda mungkin perlu melakukan revisi lebih lanjut dengan mengulangi prosedur di atas setelah putaran peninjauan tambahan.
Pada tahap ini, Anda harus menunggu editor menghubungi Anda dengan instruksi lebih lanjut atau keputusan akhir mereka.
Revisi Diterima#
Jika revisi yang Anda buat pada naskah yang Anda kirimkan diterima, Anda akan menerima pemberitahuan email serta pemberitahuan di dasbor Anda.

Notifikasi akan ditampilkan secara berurutan dari yang terlama hingga terbaru, artinya notifikasi terbaru akan berada di paling bawah. Klik notifikasi tersebut untuk membuka pesan (yang sama dengan email yang seharusnya Anda terima).

Gunakan X di sudut kanan atas untuk menutup jendela.
Di bagian bawah dasbor Anda, Anda juga akan melihat balasan diskusi dari editor.

Klik judul diskusi untuk membukanya.

Selamat! Naskah Anda telah diterima dan berkas kiriman Anda akan disunting dan disiapkan untuk diterbitkan oleh dewan redaksi jurnal.
Menanggapi Permintaan Pengeditan Naskah atau Koreksi Bacaan#
Sepanjang tahap penyuntingan dan produksi, Anda mungkin diminta untuk memeriksa berkas yang telah disunting dan/atau meninjau salinan naskah yang telah Anda kirimkan yang siap diterbitkan.
Anda akan diberi tahu melalui email dan melalui pemberitahuan di dasbor OJS Anda setiap kali ada berkas yang telah disunting atau berkas siap publikasi yang dapat Anda tinjau.
Untuk mengakses berkas yang memerlukan revisi, klik tautan di email atau notifikasi, atau buka dasbor Anda dan klik "Lihat" di samping kiriman.

Dari sini, Anda dapat melihat diskusi dan berkas untuk tahap alur kerja editorial saat ini. Berkas apa pun yang perlu Anda tinjau akan dibagikan di bawah panel diskusi.

Setelah Anda mengunduh dan meninjau file terlampir, klik judul diskusi untuk membuka pesan.

Klik "Tambahkan pesan" dan tunjukkan perubahan yang diperlukan atau berikan persetujuan Anda. Jika perlu, Anda juga dapat melampirkan revisi.
Setelah meninjau dan menyetujui berkas yang telah disunting dan galley final (misalnya PDF, HTML, dll.) sebelum dipublikasikan sebagaimana diminta, peran Anda dalam alur kerja editorial kini telah selesai!
OJS memungkinkan Editor untuk mengundang pengguna berpartisipasi dalam peer review. Jika Anda diundang untuk melakukan peer review, panduan ini akan mengajarkan Anda semua yang dibutuhkan untuk meninjau kiriman dengan sukses, termasuk:
- Menanggapi permintaan untuk meninjau kiriman naskah
 - Membaca pedoman jurnal untuk pengulas
 - Melakukan peninjauan
 - Menyelesaikan ulasan
Undangan untuk meninjau akan dikirimkan kepada Anda oleh editor jurnal atau editor bagian. Undangan akan dikirimkan melalui email, berisi beberapa informasi dasar tentang naskah yang diminta untuk Anda tinjau (judul, abstrak, dan tanggal terkait), diikuti dengan URL untuk menanggapi permintaan tersebut. 
Untuk menanggapi permintaan peninjauan, ikuti tautan atau masuk ke akun Anda di situs web jurnal. Jika Anda belum memiliki akun, editor mungkin telah mengundang Anda untuk membuat akun baru.
Setelah masuk, Anda akan menemukan Tugas Tinjauan untuk permintaan ini di Dasbor Tugas Tinjauan Anda. Jika Anda tidak melihat kiriman yang Anda harapkan, silakan hubungi editor jurnal.

Di pojok kanan atas, ikon lonceng (notifikasi) menampilkan tugas-tugas Anda yang belum selesai. Tugas yang telah ditinjau akan ditambahkan ke notifikasi Anda.
Dari antrean Anda di Dasbor Pengajuan, klik tombol Tanggapi Permintaan untuk mengakses Tugas Tinjauan Anda. Anda akan melihat informasi dasar tentang artikel dan tugas tinjauan:
- Judul Artikel : Judul naskah yang akan ditinjau.
 - Abstrak : Abstrak naskah yang akan ditinjau.
 - Jenis Tinjauan : Jenis tinjauan yang diminta untuk Anda lakukan.
 - File Tinjauan : Semua file relevan yang terkait dengan naskah.
 - Jadwal Peninjauan : Tanggal permintaan peninjauan dikirim, tanggal jatuh tempo untuk tanggapan atas permintaan peninjauan, dan tanggal jatuh tempo peninjauan.
 Jenis ulasan ditentukan oleh editor jurnal. Ada tiga jenis ulasan:
- Pengulas anonim/Penulis anonim : ulasan “double-blind” di mana baik pengulas (Anda) maupun penulis tidak mengetahui nama satu sama lain.
 - Peninjau anonim/Penulis yang diungkapkan : nama peninjau (Anda) tidak diketahui oleh penulis, tetapi nama penulis diketahui oleh peninjau.
 - Terbuka : nama peninjau (Anda) akan diketahui oleh penulis saat tinjauan diserahkan dan nama penulis diketahui oleh peninjau.
 
- Jadwal Peninjauan juga ditetapkan oleh editor jurnal. Harap dicatat bahwa tidak ada kolom tanggal dalam jadwal peninjauan yang dapat diedit oleh peninjau. Tanggal-tanggal ini hanya diberikan untuk membantu Anda menilai apakah Anda dapat memberikan tinjauan. Jika Anda ingin menegosiasikan tanggal jatuh tempo baru, silakan hubungi editor jurnal sebelum menerima permintaan peninjauan.
 
Klik "Lihat Semua Detail Pengajuan" untuk informasi tambahan tentang pengajuan, termasuk kata kunci. Jika jenis ulasan mengizinkan nama penulis untuk diungkapkan, "Lihat Semua Detail Pengajuan" akan mencantumkan nama penulis.
Anda juga akan diminta untuk menyetujui pengumpulan dan penyimpanan data Anda sesuai dengan pernyataan privasi jurnal, yang dapat Anda baca sebelum menyetujuinya. Dari sini, Anda dapat menolak atau menerima tinjauan. Jika Anda menolak, Anda akan dikeluarkan dari proses. Jika Anda menerima, Anda akan melanjutkan ke langkah tinjauan 2.
Untuk menerima tugas, klik "Terima Tinjauan, Lanjutkan ke Langkah #2". Untuk menolak tugas, klik "Tolak Permintaan Tinjauan".
Baca Panduan Ulasan#
Jika editor jurnal telah menulis Pedoman Peninjau, pedoman tersebut akan muncul di langkah kedua proses peninjauan. Bacalah pedoman ini dengan saksama sebelum Anda memulai peninjauan.

Anda dapat meninjau panduan ini kapan saja, bahkan setelah melanjutkan, dengan mengeklik tab "2. Panduan".
Tekan Lanjutkan untuk melanjutkan ke langkah 3.
Melakukan Tinjauan#
Dari sini, Anda dapat mengunduh salinan berkas ulasan dan memasukkan komentar ulasan Anda. Jendela pertama ditujukan untuk komentar kepada editor dan penulis; sementara komentar yang dimasukkan di jendela kedua hanya dapat dilihat oleh editor.
Jika editor jurnal telah menyediakan Formulir Tinjauan, formulir tersebut akan terlihat pada langkah proses tinjauan ini. Lengkapi formulir sesuai dengan instruksi editor.

Setelah Anda membaca makalah dan menambahkan komentar, Anda dapat secara opsional mengunggah salinan berkas tinjauan yang ditandai di bagian Unggah di bagian bawah halaman.
Jika jenis ulasan menentukan peninjau anonim, ingatlah untuk menghapus semua identitas pribadi dari berkas sebelum mengunggahnya. Lihat halaman ini untuk detail tentang cara menganonimkan berbagai dokumen .

Berikutnya, Anda harus membuat rekomendasi menggunakan menu tarik-turun.
Pilihan yang memungkinkan meliputi:
- Terima Pengajuan : Pengajuan tidak memerlukan revisi atau koreksi lebih lanjut.
 - Revisi yang Diperlukan : Memerlukan perubahan kecil.
 - Kirim Ulang untuk Ditinjau : Memerlukan perubahan besar dan putaran peninjauan sejawat lainnya.
 - Kirim Ulang di Tempat Lain : Tidak sesuai dengan fokus dan cakupan jurnal ini.
 - Penolakan Pengiriman : Tidak sesuai dengan persyaratan jurnal dan tidak cocok untuk dipublikasikan.
 - Lihat Komentar : Jika tidak ada rekomendasi di atas yang sesuai, Anda dapat meninggalkan komentar untuk editor yang merinci pemikiran Anda.
 
Catatan: Beberapa pilihan mungkin tidak tersedia bagi Anda tergantung pada pengaturan jurnal.
Gunakan Diskusi untuk Berkomunikasi dengan Editor#
Pada Langkah 3: Unduh & Tinjau dan Langkah 4: Penyelesaian , Anda akan memiliki akses ke panel Diskusi Tinjauan. Anda dapat menggunakan diskusi untuk berkomunikasi dengan Editor jika Anda memiliki pertanyaan tentang naskah atau proses peninjauan.
Klik tombol "Tambahkan diskusi" untuk memulai diskusi baru. Anda kemudian dapat memilih Editor mana yang akan menerima pesan, memasukkan subjek dan isi, serta mengunggah lampiran secara opsional.

Klik diskusi di panel untuk membukanya dan melihat balasan apa pun, serta menambahkan pesan baru.
Selesaikan Ulasan#
Setelah Anda puas dengan ulasan dan rekomendasi Anda, klik tombol Kirim Ulasan untuk menyelesaikan tugas. Anda akan diminta untuk mengonfirmasi.

Klik OK. Anda akan dibawa ke layar konfirmasi akhir yang berisi ucapan terima kasih atas kerja keras Anda.

Selesai! Ulasannya sudah selesai.
Peran Administrator Situs di OJS dibuat sebagai bagian dari proses instalasi OJS yang dilakukan oleh administrator sistem. Tugas yang dilakukan oleh peran ini meliputi:
- Buat, edit, dan hapus jurnal dari instalasi
 - Kelola pengguna dan pengaturan email massal untuk setiap jurnal di instalasi
 - Aktifkan bahasa dan plugin yang tersedia untuk jurnal pada instalasi
 - Melakukan tugas pemeliharaan situs dasar
 
Panduan ini mencakup pengaturan dan fungsi di panel Administrasi instalasi OJS Anda. Untuk informasi teknis tentang pengelolaan situs OJS dari sisi belakang, termasuk pemutakhiran, email, statistik, serta impor dan ekspor, silakan lihat Panduan Administrator .
Akses Menu Administrasi
Untuk mengakses menu Administrasi, masuk ke jurnal sebagai Administrator Situs, lalu pilih Administrasi dari menu sebelah kiri. Atau, arahkan kursor ke nama pengguna Anda saat masuk dan pilih Administrasi.

Konfigurasikan Pengaturan Situs OJS#
Opsi "Pengaturan Situs" akan muncul di bawah "Manajemen Situs" di menu Administrasi jika Anda memiliki dua jurnal atau lebih. Di sinilah Anda dapat membuat konfigurasi yang berlaku untuk keseluruhan instalasi OJS Anda , terutama situs OJS utama Anda yang berisi daftar semua jurnal yang dihosting. Ini mungkin tidak relevan bagi mereka yang hanya ingin menghosting satu jurnal atau mereka yang berharap pembaca hanya akan mengakses situs jurnal individual.
Kelola Bahasa#
OJS dirancang untuk mengakomodasi multibahasa, memungkinkan jurnal mendukung beragam bahasa dalam satu situs. Meskipun satu atau beberapa lokal (bahasa) dapat diinstal saat pertama kali mengonfigurasi OJS, Administrator Situs nantinya dapat mengonfigurasi lokal utama (bahasa default) situs dan menginstal lokal baru agar bahasa lain tersedia untuk digunakan oleh jurnal melalui Administrasi > Pengaturan Situs > Pengaturan Situs > Bahasa.

Di sini Anda dapat melihat semua bahasa yang terpasang, mengaktifkan, menonaktifkan, atau menghapus bahasa, dan menetapkan bahasa apa pun sebagai Lokal Utama (bahasa yang akan dilihat pengguna baru saat pertama kali mengunjungi situs).
Untuk menambahkan bahasa tambahan:
- Klik Instal Lokal
 - Centang lokal yang ingin Anda instal
 - Klik Simpan
 
Setelah terinstal, Administrator Situs dan Manajer Jurnal dapat menyesuaikan pengaturan bahasa lebih lanjut untuk setiap jurnal. Lihat bagian Menginstal, Mengaktifkan, dan Mengonfigurasi Lokal pada Menggunakan Perangkat Lunak PKP dalam Berbagai Bahasa untuk detail selengkapnya.
Catatan: Tidak semua lokal diterjemahkan sepenuhnya. Untuk informasi tentang cara memeriksa kelengkapan lokal, silakan lihat bagian Perencanaan dalam Menggunakan Perangkat Lunak PKP dalam Berbagai Bahasa .
Kelola Plugin#
Dari sini, Anda dapat memilih untuk mengaktifkan atau menonaktifkan berbagai plugin untuk semua jurnal pada instalasi OJS Anda.

Untuk informasi detail tentang cara memasang, menghapus, memperbarui, dan mengonfigurasi plugin, serta daftar semua plugin yang tersedia, silakan lihat Inventaris Panduan Plugin . Perlu diketahui bahwa Administrator Situs adalah satu-satunya peran yang diizinkan untuk memasang dan menghapus plugin.
Kelola Tampilan dan Menu Navigasi#
Gunakan tab Penampilan dan subtab Menu Navigasi untuk menyesuaikan tampilan situs OJS utama Anda (yaitu, situs yang berfungsi sebagai indeks untuk semua jurnal yang dihosting).

Opsi-opsi ini secara fungsional identik dengan opsi Tampilan untuk masing-masing jurnal. Lihat bagian Sesuaikan Tampilan Jurnal Anda di Mempelajari OJS untuk Manajer Jurnal serta panduan Mendesain Jurnal Anda untuk informasi selengkapnya.
Aktifkan Email Massal#
Administrator Situs dapat mengizinkan Manajer Jurnal untuk mengirim email massal ke beberapa grup pengguna dalam jurnal sekaligus. (Lihat " Kirim Notifikasi Email ke Semua Pengguna dengan Peran Tertentu" untuk informasi tentang cara kerja fitur ini setelah diaktifkan). Sebagai administrator situs, Anda dapat menggunakan Pengaturan Situs untuk memilih jurnal hosting mana yang diizinkan untuk mengirim email massal.
Catatan: Penyalahgunaan fitur ini untuk mengirim email yang tidak diminta dapat melanggar undang-undang anti-spam di beberapa yurisdiksi dan dapat mengakibatkan email server Anda diblokir sebagai spam. Mintalah saran teknis sebelum mengaktifkan fitur ini dan pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan manajer jurnal untuk memastikan penggunaannya tepat.

Anda dapat menonaktifkan pengiriman email massal ke peran tertentu untuk jurnal individual dengan mengakses Panduan Pengaturan untuk jurnal tersebut seperti dijelaskan di bawah ini .
Membuat dan Mengelola Jurnal yang Dihosting#
Klik “Jurnal yang Dihosting” di bawah “Manajemen Situs” untuk melihat daftar semua jurnal dalam instalasi OJS ini.

Untuk mengedit jurnal yang sudah ada, klik panah biru di sebelah kiri nama jurnal. Anda akan melihat opsi untuk mengedit, menghapus, atau memperbarui pengaturan.

Jika Anda memiliki beberapa jurnal, Anda dapat menggunakan tombol "Pesan" untuk mengubah urutan daftar. Seret dan letakkan jurnal ke atas dan ke bawah dalam daftar, lalu klik tombol "Selesai" di bagian bawah daftar. Perubahan Anda akan terlihat di daftar jurnal publik.
Tombol Buat Jurnal akan memungkinkan Anda menambahkan jurnal baru ke instalasi OJS ini. Isi detail yang diperlukan di jendela yang muncul untuk membuat jurnal baru.

Catatan: Jika Anda tidak ingin jurnal baru tersebut terlihat, hapus centang pada kotak Aktifkan jurnal ini untuk ditampilkan secara publik di situs .
Setelah Anda menyimpan jurnal yang baru Anda buat, jendela Panduan Pengaturan akan terbuka.
Edit akan memungkinkan Anda mengubah rincian jurnal.
Jika mengedit rincian jurnal, kami sangat menyarankan untuk tidak mengubah jalur jurnal setelah menerbitkan konten.
Hapus akan memungkinkan Anda menghapus jurnal dari instalasi. Setelah Anda mengonfirmasi keinginan untuk menghapus jurnal dan isinya, tindakan ini tidak dapat dibatalkan .

Panduan Pengaturan akan mengarahkan Anda ke pengaturan untuk jurnal tersebut. Opsi ini dijelaskan secara rinci di bawah ini, di bagian Konfigurasi Pengaturan Khusus Jurnal .
Pengguna akan memungkinkan Anda untuk menambahkan dan mengelola pengguna yang terkait dengan jurnal. Setelah Anda membuat jurnal dan menyelesaikan konfigurasi, Anda mungkin ingin membuat akun pengguna untuk Manajer atau Editor Jurnal - lihat bab Pengguna dan Peran untuk detailnya.

Konfigurasikan Pengaturan Khusus Jurnal#
Dengan mengeklik Wizard Pengaturan, Anda akan diarahkan ke pengaturan jurnal tersebut. Pengaturan ini dapat digunakan untuk menyesuaikan konfigurasi di tingkat jurnal masing-masing.
Jurnal : Fungsinya sama dengan tombol "Edit" pada daftar jurnal yang dihosting. Tombol ini dapat digunakan untuk mengubah informasi deskriptif jurnal.
Tampilan : Sesuaikan tema dan tampilan jurnal. Lihat Panduan Mendesain Jurnal kami untuk informasi selengkapnya.
Bahasa : Aktifkan berbagai bahasa untuk berbagai area situs (misalnya UI, formulir, kiriman). Lihat bagian Menginstal, Mengaktifkan, dan Mengonfigurasi Lokal pada Menggunakan Perangkat Lunak PKP dalam Berbagai Bahasa untuk mempelajari lebih lanjut.
Pengindeksan Pencarian : Memungkinkan Anda mengatur optimasi mesin pencari. Lihat bagian "Menyiapkan Optimasi Mesin Pencari" di Mempelajari OJS untuk Manajer Jurnal untuk mempelajari lebih lanjut.
Opsi pengaturan di atas identik dengan yang dapat diakses oleh Manajer Jurnal; namun, ada satu pengaturan di panel ini yang hanya tersedia untuk Administrator Situs: tab Batasi Email Massal berdasarkan Peran.
Batasi Email Massal berdasarkan Peran#
Tab Batasi Email Massal di Panduan Pengaturan memungkinkan Anda untuk melarang pengiriman email massal ke peran tertentu. Manajer dan editor jurnal tidak akan dapat mengirim email massal ke peran apa pun yang Anda pilih di bawah "Nonaktifkan Peran".
Untuk mengakses opsi ini, fitur email massal harus diaktifkan terlebih dahulu di bawah Pengaturan Situs > Email Massal .
Gunakan ini untuk membatasi potensi penyalahgunaan fitur notifikasi email. Misalnya, mungkin lebih baik menonaktifkan email massal kepada pembaca, penulis, atau grup pengguna besar lainnya yang tidak mengizinkan penerimaan email tersebut.

Melakukan Tugas Pemeliharaan Situs#
Selain kemampuan untuk mengelola jurnal yang dihosting dan pengaturan di seluruh situs, menu Administrasi menawarkan fungsi administratif lain yang terkait dengan pemeliharaan situs dasar termasuk melihat informasi sistem, mengakhiri sesi pengguna, dan menghapus cache dan log.
Lihat Informasi Sistem#
Tautan “Lihat Informasi Sistem” di menu Administrasi akan memungkinkan Anda melihat detail instalasi Anda. 
Informasi Versi OJS menunjukkan versi yang saat ini terpasang, serta riwayat versi, termasuk pembaruan apa pun. Anda dapat mengeklik tautan "Periksa pembaruan" untuk melihat apakah Anda menggunakan versi OJS terbaru.
Bagian Informasi Server menyediakan detail tentang lingkungan server yang menghosting instalasi OJS Anda. Bagian Konfigurasi OJS menampilkan semua opsi konfigurasi dan nilainya sebagaimana telah dimasukkan di config.inc.php .
Informasi terperinci tentang parameter konfigurasi config.inc.php dapat ditemukan dalam berkas itu sendiri, dan dalam Panduan Administrator Sistem .
Bagian terakhir di halaman ini menampilkan informasi server tambahan: sistem operasi, versi PHP, informasi server, dan basis data Anda. Anda juga dapat melihat informasi PHP yang lebih lengkap dengan mengeklik tautan Informasi PHP yang Diperluas (ini akan menampilkan output dari phpinfo()). Informasi ini sangat berguna saat mencoba memecahkan masalah atau melaporkan masalah.
Kedaluwarsa Sesi Pengguna#
Mengklik "Kedaluwarsa Sesi Pengguna" di menu Administrasi akan segera menghapus semua sesi pengguna yang aktif di sistem, sehingga setiap pengguna yang saat ini masuk harus masuk kembali ke sistem. Hal ini berguna sebelum melakukan pemutakhiran untuk memastikan semua pengguna telah keluar.
Hapus Cache Data#
Mengklik "Hapus Cache Data" di menu Administrasi akan menghapus semua data yang di-cache, termasuk informasi lokal, cache bantuan, dan cache pencarian. Fungsi ini mungkin berguna untuk memaksa data dimuat ulang setelah kustomisasi dilakukan.
Hapus Cache Template#
Mengklik "Hapus Cache Template" di menu Administrasi akan menghapus semua versi template HTML yang di-cache. Fungsi ini mungkin berguna untuk memaksa template dimuat ulang setelah melakukan penyesuaian.
Hapus Log Eksekusi Tugas Terjadwal#
Jika tugas terjadwal telah diaktifkan untuk jurnal Anda, mengeklik "Hapus Log Eksekusi Tugas Terjadwal" di menu Administrasi akan menghapus berkas log eksekusi tugas dari server Anda. Berkas log eksekusi tersebut mencakup tanggal yang sesuai dengan tugas terjadwal yang telah diselesaikan sebelumnya (misalnya, mengirimkan pengingat tinjauan email otomatis).