Training Of Trainer Sistem LPSE Versi 4

STAIN PAREPARE – Tim LPSE  STAIN Parepare, yang terbentuk sejak tahun 2010 dan dikoordinir oleh UPT TIPD  STAIN Parepare menjadi salah satu peserta Training Of Trainer Manajemen training LPSE ( Layanan Pengadaan Secara Elektronik ) yang dilaksanakan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah ( LKPP ) di Jakarta pada tanggal  5 sampai 7 April 2016. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk Workshop dan Management Training LPSE SPSE Versi 4,SIKaP, E-Kontrak Non E-Tendering, E- Lelang Cepat dan E-Purchasing Versi 3 dalam rangka memantapkan pengelolaan sistem pengadaan barang/jasa secara elektronik (eProcurement).
Kegiatan ini dihadiri oleh  38 peserta  dari  Kementerian , Lembaga, Daerah dan Instansi Lainnya ( K/L/D/I ) dari seluruh indonesia. Selama tiga hari peserta yang berasal dari unsur LPSE tersebut akan memperoleh materi dari fasilitator terkait LPSE seperti informasi aplikasi terbaru , perubahan sistem dan versi, penambahan fungsionalitas dan fitur serta penggunaannya. Tidak hanya itu peserta juga dibekali dengan regulasi yang juga terkait dengan sistem eprocurement itu sendiri, mengingat eprocurement adalah produk dari regulasi dan diharapkan dapat mengawal berjalannya regulasi seperti yang diharapkan semua pihak.
Fokus dari workshop ini adalah penguatan penetrasi SPSE versi 4 . Meskipun SPSE versi ini masih dalam tahap sosialisasi dan  migrasi bertahap dari versi sebelumnya, tetapi dimasa yang akan datang semua LPSE  akan diwajibkan beralih ke versi lawas ini. SPSE vesi 4 adalah penyempurnaan versi sebelumnya, ada banyak penambahan fungsionalitas , beberapa proses dipangkas dan diotomasi ole sistem untuk memudahkan tim pokja dalam tugasnya. Satu hal menarik adalah desain arsitekturnya yang memungkinkan interaksi dengan sistem aplikasi lain diluar LKPP, sehingga melalui sistem ini  semua proses dan data transaksi keuangan mulai hulu/perencanaan sampai hilir/monev bisa terintegrasi dalam suata datawarehouse u/ menjamin kualitas data dan informasi transaksi, serta bisa diakses secara realtime. Aplikasi lainnya yang terus menerus dikembangkan dan di sosialisasikan oleh LKPP adalah , Sistem Informasi Kinerja Penyedia (SIKaP) atau Vendor Management System yang diperuntukkan bagi penyedia atau rekanan yang ingin mengikuti eprocurement, sistem ini menyempurnakan kelemahan pada versi sebelumnya yg selama ini merupakan bagian dari LPSE. Selain itu e-kontrak, e-tendering cepat dan e-purchasing atau e-katalog yang bisa memangkas proses pengadaan dengan sangat signifikan.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages